Perbedaan Produk Pencerah dan Pemutih Kulit, Mana Lebih Aman?


Standar kecantikan di setiap negara memang berbeda-beda, misalnya jika di negara barat orang-orang lebih menginginkan kulit yang eksotis atau kecoklatan. Namun, hal ini menjadi sebaliknya untuk daerah tropis seperti Indonesia, orang-orang justru menginginkan kulit putih karena di sini, kulit putih dianggap lebih bersih, cantik, dan cocok mengenakan berbagai jenis warna make up atau pakaian. Karena itu, orang Indonesia rela melakukan berbagai cara untuk memutihkan wajah, termasuk membeli cream pemutih wajah. Kita perlu memperhatikan produk yang akan di beli itu termasukke dalam ‘pemutih’ atau ‘pencerah’. Meskipun wujud fisik terlihat sama, tetapi artinya bisa berbeda lho girls. Yuk simak penjelasannya!


Produk pemutih wajah biasanya menggunakan bahan-bahan yang dapat memperlambat produksi melanin pada kulit wajah. Adapun bahan-bahan yang ditambahkan pada krim pemutih wajah ini tidak semuanya aman karena banyak produk pemutih wajah yang menambahkan bahan-bahan kimia berbahaya seperti hidrokinon dan merkuri yang jika digunakan pada wajah dapat memberikan efek samping negatif seperti pengelupasan kulit wajah, iritasi hingga yang terparah bisa menyebabkan kanker.


Sedangkan, Produk pencerah kulit umumnya dirancang untuk memperbaiki kulit kusam melalui pengelupasan kulit. Kandungan exfoliant kombinasi antioksidan serta ekstrak alami pada produk pencerah ini lebih ke menenangkan dan merevitalisasi kulit. Krim pencerah ini umumnya berfungsi sebagai pengelupas sel-sel kulit mati, sehingga kulit akan terlihat lebih berseri. Pemakaian produk ini memang tidak menjadikan kamu berkulit putih, melainkan lebih ke tingkat cerah dari warna kulit asli.


Perbedaan Krim Pencerah Wajah Dengan Krim Pemutih


1. Krim pencerah wajah (Lightening) : Biasanya digunakan untuk memberi kecerahan pada kulit secara bertahap dan perlahan. Proses ini bertujuan untuk memperlambat produksi melanin serta memberikan perlindungan dari sinar UV pada permukaan kulit. Semakin kamu terhindar dari sinar matahari, maka akan semakin naik pula tingkat kecerahan pada kulitmu. Nah, produk inilah yang sangat cocok disebut pencerah kulit.


2. Krim pemutih wajah (Whitening) : Tujuan penggunaan produk ini tentunya sudah sangat jelas yakni sebagai media untuk memutihkan kulit. Produk jenis whitening ini mampu menghilangkan pigmen sehingga dapat merubah warna kulit menjadi lebih putih. Akan tetapi, produk ini memiliki resiko iritasi paling tinggi jika penggunanya terkena paparan sinar matahari secara langsung. Pasalnya, kulit mereka akan berubah warna menjadi merah dan juga gatal. Tak heran juga bahwa sebagian produk whitening pada awal pemakaian akan terasa panas dan perih. Terlebih lagi, sudah banyak produk lokal di Indonesia yang terjual bebas dengan harga murah meriah dengan label whitening pada kemasan. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu lebih berhati-hati dalam pemilihan produk ini ya, girls!


Kunjungi jtclinic.com atau hubungi WhatsApp kami di 0878 8888 0110 untuk mendapatkan info perawatan kecantikan dan kesehatan yang tepat untuk wajah, kulit, tubuh dan daerah keintiman yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

149 tampilan

Jadwal Dokter, Konsultasi lebih Cepat dan Mudah Via WhatsApp