Hati-hati, Inilah Makanan Penyebab Kulitmu Berminyak


Pernah mendengar ungkapan “You are what you eat” alias “kamu adalah apa yang kamu makan”? Ternyata, ungkapan ini benar-benar berlaku untuk kondisi kulit. Apa yang kamu konsumsi sehari-hari dapat berdampak secara langsung pada kulit, contohnya membuat kulit kamu menjadi berminyak. Duh! Kulit berminyak memang sudah terkenal dengan kaitannya pada masalah kulit lainnya seperti jerawat dan komedo. Nah, coba untuk mengurangi konsumsi jenis makanan penyebab kulit berminyak untuk meminimalisir kadar minyak pada kulit seperti poin-poin berikut ini, yuk!


1. Makanan Olahan Susu

Hindari produk olahan susu atau dairy products seperti susu, yogurt, keju, juga es krim dalam menu dietmu sehari-hari ya, girls! Hal ini didasarkan pada kandungan pada produk olahan susu susu tersebut yang sangat kaya akan kalsium serta hormon yang tinggi. Kandungan ini dapat meningkatkan kelenjar sebum untuk memproduksi minyak lebih banyak pada kulit. Sebagai alternatif untuk sumber kalsium yang lebih sehat, kamu dapat menggantikan susu dengan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau kale. Oh iya, susu almond dan susu kedelai juga bisa menjadi pilihan, lho!


2. Kafein

Berapa kali nih kamu minum kopi maupun teh dalam seminggu? Baik dari pagi saat sampai di kantor, setelah makan siang, saat meeting, hingga saat bertemu dengan teman pada akhir pekan, sepertinya kopi maupun teh selalu menemani hari-hari kamu, ya! Namun, kamu harus berhati-hati, pasalnya konsumsi teh dan kopi yang merupakan minuman berkafein dapat membuat tubuh kamu kekurangan cairan. Sedangkan, saat tubuh dan kulit kamu kekurangan cairan, tubuh akan secara refleks mengonsumsi lebih banyak minyak. Untuk mengatasi hal ini, kurangi frekuensi konsumsi minuman berkafein dan pastikan kamu perbanyak konsumsi air putih setelahnya, ya!


3. Refined Carbohydrate

Makanan olahan dengan karbohidrat tinggi seperti nasi dan junk food dapat memicu kulit untuk memproduksi banyak minyak, lho! Hal ini disebabkan oleh kadar gula tinggi yang kerap terkandung di dalamnya sehingga membuat kelenjar sebum meningkatkan produksi minyak di kulit. Coba untuk memulai dengan mengurangi tingkat karbohidrat secara perlahan-lahan dan bertahap terlebih dahulu jika dirasa sulit


4. Terlalu Banyak Gula

Sama seperti refined carbohydrate, mengonsumsi gula tentu akan berdampak pada kadar gula darah yang akan memicu produksi insulin yang mana sebagai peningkat kelenjar sebum di dalam tubuh dan memproduksi lebih banyak minyak. Jadi, hindari makanan dengan kandungan gula berlebihan seperti es krim, kue, biskuit, maupun makanan-makanan manis lainnya, ya! Termasuk juga dessert masa kini yang kerap tersaji berbagai topping di atasnya. Sebagai gantinya, buah-buahan manis dapat menjadi solusi yang tentunya jauh lebih sehat dan mengandung banyak vitamin.


Kunjungi jtclinic.com atau hubungi WhatsApp kami di 0878 8888 0110 untuk mendapatkan info perawatan kecantikan dan kesehatan yang tepat untuk wajah, kulit, tubuh dan daerah keintiman yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

9 tampilan

Jadwal Dokter, Konsultasi lebih Cepat dan Mudah Via WhatsApp